Senin, 03 Desember 2012

Tugas 1 Aktivitas (HAL 151)

KELOMPOK MAYORITAS DAN MINORITAS


Dalam suatu komunitas, kita sadari maupun tidak, sering terbentuk kelompok-kelompok kecil lainnya. Secara umum, kelompok-kelompok tersebut kita bedakan menjadi dua. Mereka adalah kelompok mayoritas dan kelompok minoritas. Pembedaan kelompok ini terjadi entah berdasarkan gaya hidup, minat, agama, faham, atau pun lainnya. Penggolongan tersebut mengakibatkan “kekuasaan” kelompok mayoritas lebih besar dari yang lain. Yang nantinya, “kekuasaan” itu secara tidak langsung mengakibatkan “tekanan” kepada kelompok yang tidak/kurang mempunyai “kekuasaan”.

Minoritas adalah kelompok sosial yang tak menyusun mayoritas populasi total dari voting dominan secara politis dari suatu kelompok masyarakat tertentu.
Minoritas dapat pula merujuk ke kelompok bawahan maupun marginal. Minoritas sosiologis tak perlu bersifat numerik sebab dapat mencakup kelompok yang di bawah normal dengan memandang pada kelompok dominan dalam hal status sosial, pendidikan, pekerjaan, kekayaan, dan kekuasaan politik.
Istilah "kelompok minoritas" sering diterapkan bersama dengan wacana hak asasi manusia dan hak kolektif yang mengemuka di abad ke-20.

kelompok minoritas adalah kelompok individu yang tidak dominan dengan ciri khas bangsa, suku bangsa, agama, atau bahasa tertentu yang berbeda dari mayoritas penduduk.
Minoritas sebagai ‘kelompok’ yang dilihat dari jumlahnya lebih kecil dibandingkan dengan jumlah penduduk lainnya dari negara bersangkutan dalam posisi yang tidak dominan. Keanggotaannya memiliki karakteristik etnis, agama, maupun bahasa yang berbeda dengan populasi lainnya dan menunjukkan setidaknya secara implisit sikap solidaritas yang ditujukan pada melestarikan budaya, tradisi, agama dan bahasa.

Definisi minoritas bisa juga seperti  berikut sebagai berikut :  golongan sosial yg jumlah warganya jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan  golongan lain di suatu masyarakat dan karena itu didiskriminasikan oleh golongan lain itu.

Kelompok Mayoritas adalah Golongan sosial yang jumahnya berbanding terbalik dengan kelompok minoritas, kelompok mayoritas cenderung lebih diakui oleh masyarakat. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar