- SOAL SOSIOLOGI KELAS X SEMESTER 1
1. Sosiologi didasarkan pada hasil observai,
tidak spekulatif, dan menggunakan akal sehat. Hasil ini menunjukan bahwa
sosiologi bersifat…
a. empiris
b. kumulatif
c. non-etis
d. teoritis
e. praktis
2. Secara etimologis sosiologi bearti ilmu tentang….
a. rakyat
b. masyarakat
c. kawan
d. kelompok
e. kumpulan
3. Tokoh yang mempopulerkan istilah sosiologi adalah…
a. Auguste Comte
b. Herbert Spencer
c. Karl Marx
d. Emile Durkheim
e. Max Weber
4. Sosiologi disebut sebagai ilmu pengetahuan karena sosiologi memiliki cirri-ciri…
a. empiris,teoritis, kumulatif, non-etis
b. objektif, teoritis, non-etis, emansipatif
c. subjektif,empiris, kumulatif, non etis
d. mandiri,subjektif,kumulatif,empiris
e. non-etis,teoritis,objektif,emansipatoris
5. Salah satu pokok bahasan sosiologi adalah….
a. kesadaran social
b. penyimpangan social
c. realita social
d. penyelewengan social
e. kontrak social
6. segala sesuatu yang berguna bagi unsure manusia disebut nilai…
a. material
b. kerohanian
c. kebenaran
d. vital
e. kebaikan
7. Tata kelakuan yang kekal dan kuat integritasnya disebut…
a. usage
b. folkways
c. tingkah laku
d. mores
e. custom
8. Ruang lingkup sosiologi meliputi….
a. interaksi sosial
b. hubungan sosial
c. kaidah sosial
d. proses sosial
e. unsur sosial
9. Objek sosiologi adalah ….
a. hubungan manusia dengan lingkungan sekitarnya
b. hubungan manusia dan interaksi didalam masyarakatnya
c. adat istiadat dan kebiasaan manusia sehari-hari
d. kumpulan manusia sebagai makhluk hidup
e. hal-hal yang berhubungan dengan hidup sebagai bangsa
10. Sesuatu yang dianggap berharga, berguna dan pantas oleh
seseorang disebut ….
a. norma
b. nilai
c. hobi
d. moral
e. tindakan
11. Norma hokum bagi masyarakat mempunyai sifat sebagai berikut…
a. tidak dapat dipaksakan karena harus ada kesadaran
b. dapat dipaksakan karena berlaku untuk umum
c. tergantung situasi dan kondidi masyarakat
d. tingakatannya paing rendaj dan sanksinya ringan
e. tergantung jenis pelanggaran dan jenis sanksinya
12. Kehidupan yang teratur dan pasntas bagi setiap manusia idak sama, sehingga diperlukan patokan-patokan berupa…
a. sopan santun
b. keadilan dan cinta kasih
c. peraturan dan undang-undang
d. ketertiban dan ketentraman
e. kaidah-kaidah
13. aturan yang umumnya tidak tertulis, tetapi tetap dianut oleh masyrakat, dan bagi siapa saja yang melanggar tetap dikenakan sanksi, yaitu..
a. adat istiadat
b. norma kesusilaan
c. tata kelakuan
d. norma hokum
e. norma kebiasaan
14. simpati bukan hanya berpengaruh secara psikis saja tetapi dapat berpengaruh juga terhadap…
a. fisik
b. emosi
c. perilaku
d. perasaan
e. sikap
15. ada empat macam jarak dalam interaksi social, salah satunya ialah…
a. jarak waktu
b. jarak pribadi
c. jarak media
d. jarak ruang
e. jarak tempat
16. Usaha manusia untuk meredakan ketegangan dna mecapai kestabilan disebut…
a. akomodasi
b. asimilasi
c. akulturasi
d. sosiasi
e. mediasi
17. salah satu sumber informasi yang mendasari interaksi adalah…
a. sikap diri
b. sosialisasi
c. penampilan fisik
d. letak geografi
e. asal-usul
18. Bentuk interaksi antarindividu berikut ini adalah ….
a. pengemis yang meminta uang dijalan
b. penonton pertandingan sepak bola bersorak
c. ibu dan bapak bercakap-cakap di ruang tamu
d. Toto melihat-lihat foto teman sekolahnya
e. Guru mengajar siswa
19. Sosiologi mempelajari tumbuh, bangun, dan kewajiban masyarakat. Ini merupakan definisi sosiologi menurut…
a. Selo Soemarjan
b. Durkheim
c. spencer
d. Ogburn
e. Weber
20. Objek sosiologi adalah…
a. Benda sejarah
b. perekonomian
c. peninggalan purbakala
d. masyarakat
e. system politik
- SOAL SOSIOLOGI KELAS X SEMESTER 2
1. Aturan yang
umumnya tidak tertulis, tetapi tetap dianut oleh masyarakat, dan bagi siapa
saja yang melanggar tetap dikenakan sanksi, yaitu . . .
a. Adat istiadat
b. Norma
kesusilaan
c. Tata kelakuan
d. Norma hukum
e. Norma
kebiasaan
2. Tata kelakuan
yang kekal dan kuat integritasnya disebut . . .
a. Usage
b. Mores
c. Folkways
d. Custom
e. Tingkah laku
3. Petunjuk
hidup yang berasal dari akhlak dan hati nurani tentang apa yang baik dan apa
yang buruk dinamakan norma . . .
a. Agama
b. Kesusilaan
c. Kesopanan
d. Kebiasaan
e. Hukum
4. Cara-cara
berpakaian anak muda zaman dulu berbeda dengan anak muda zaman sekarang. Hal
ini menandakan adanya perbedaan . . .
a. Tata kelakuan
b. Tata krama
c. Tata nilai
d. Tata busana
e. Tata budaya
5. Norma hukum
bagi masyarakat mempunyai sifat sebagai berikut . . .
a. Tidak dapat
dipisahkan karena harus ada kesadaran
b. Dapat dipaksakan karena
berlaku untuk umum
c. Tergantung
situasi dan kondisi masyarakat
d. Tegantung
jenis pelanggaran dan jenis sanksinya
e. Tingkatannya
paling rendah dan sanksinya ringan
6. Salah satu
sumber informasi yang mendasari iteraksi adalah . . .
a. Sikap diri
b. Letak
geografis
c. Sosialisasi
d. Asal-usul
e. Penampilan
fisik
7. Berikut ini
yang merupakan tahapan dalam proses mendekatkan, adalah . . .
a. Terminating
b. Describing
c. Stragnating
d. Intensifying
e. Extensifying
8. Adanya
kecenderungan atau keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan
pihak lain disebut . . .
a. Sugesti
b. Imitasi
c. Simpati
d. Asimilasi
e. Identifikasi
9. Pada zaman
modern seperti sekarang, banyak orang menggunakan berbagai jenis peralatan
modern sepertin telepon genggam, telegram, dan faksimili. Dengan peralatan itu
dapat terjadi . . .
a. Kontak
b. Akomodasi
c. Komunikasi
d. Akulturasi
e. Interaksi
10. Bila
seseorang telah mengadakan hubungan langsung seperti tatap muka, maka orang
tersebut telah mengadakan . . .
a. Kontak
sekunder
b. Kontak
sekunder langsung
c. Interaksi
d. Kontak primer
e. Kontak
sekunder tidak langsung
11. Kontravensi
merupakan bentuk proses sosial yang berada antara . . .
a. Persaingan dan pertentangan
b. Akomodasi dan
asimilasi
c. Kerjasama dan
persaingan
d. Pertentangan
dan konflik
e. Persaingan
dan akomodasi
12. Jumlah
pelakunya lebih dari dua. Adanya komunikasi antara pelaku dengan menggunakan
simbol atau lambang. Hal ini merupakan ciri dari . . .
a. Integrasi
sosial
b. Perubahan
sosial
c. Interaksi sosial
d. Komunikasi
sosial
e. Kontak sosial
13. Usaha manusia
untuk meredakan ketegangan dan mencapai kestabilan disebut . . .
a. Akomodasi
b. Asosiasi
c. Asimilasi
d. Mediasi
e. Akulturasi
14. Salah satu
faktor yang mempengaruhi interaksi sosial adalah sugesti. Sugesti berarti . . .
a. Meniru
perbuatan orang lain dengan berbagai perubahan
b. Melakukan
perbuatan sama seperti pihak lain
c. Merasakan
seperti apa yang dirasakan pihak lain
d. Mengikuti pihak lain tanpa
menggunakan alasan
e. Melakukan
perbuatan tanpa memperhatikan keberadaan orang lain
15. Simpati bukan
hanya berpengaruh secara psikis saja tetapi dapat berpengaruh juga terhadap . .
.
a. Fisik
b. Perasaan
c. Emosi
d. Sikap
e. Perilaku
16. Ada empat
macam jarak dalam interaksi sosial. Salah satunya adalah . . .
a. Jarak waktu
b. Jarak ruang
c. Jarak pribadi
d. Jarak tempat
e. Jarak media
17. Ikut
merasakan kebahagiaan atau kesedihan yang dialami orang lain termasuk bentuk .
. .
a. Antipati
b. Empati
c. Identifikasi
d. Simpati
e. Sugesti
18. Pada
identifikasi, seseorang merasa ingin belajar untuk dapat menyamai . . .
a. Ayahnya
b. Ibunya
c. Gurunya
d. Temannya
e. Tokoh idolanya
19. Contoh
tindakan yang termasuk interaksi sosial adalah . . .
a. Soni membaca
majalah detektif
b. Ira
bersenandung di kamar mandi
c. Eka
melihat-lihat album foto
d. Dodi
menendang-nendang kaleng di jalanan
e. Ibu Kun mengajar tata
negara di kelas tiga IPS
20. Komunikasi
dikatakan efektif jika . . .
a. Tujuan yang diharapkan dari
berkomunikasi tercapai
b. Pesan yang
disampaikan telah sampai di tujuan
c. Adanya
kegembiraan para komunikan
d. Munculnya
pesan-pesan berantai
e. Komunikan
berlomba untuk mengadakan kontak
- SOAL SOSIOLOGI KELAS XI SEMESTER 1
1.
Berikut ini merupakan ciri struktur sosial, yaitu . . .
a. Struktur
sosial mengacu pada status dan peranan
b. Struktur
sosial dapat dilihat secara vertikal
c. Struktur
sosial merupakan seluruh kebudayaan masyarakat
d. Struktur
sosial dapat dilihat secara horizontal
e. Struktur
sosial memiliki hubungan yang aneh
2. Kekayaan,
pekerjaan, dan pendidikan merupakan dasar penggolongan masyarakat secara . .
a. Horizontal
b. Vertikal
c. Longitudinal
d. Searah
e. Horizontal
dan Vertikal
3. Kemajemukan
sosial dalam suatu masyarakat didasarkan pada . . .
a. Ras
dan Agama
b. Ras
dan Pendidikan
c. Pekerjaan
dan Kekuasaan
d. Kekayaan
dan Etnis
e. Kekuasaan
dan Klen
4. Yang
termasuk ke dalam ciri fenotip kuantitatif adalah . . .
a. Bentuk
rambut dan golongan darah
b. Bentuk
amta dan jantung
c. Bentuk
hidung dan golongan darah
d. Golongan
darah dan jantung
e. Warna
kulit dan bentuk rambut
5. Yang
termasuk ke dalam ras Mongoloid adalah . . .
a. Indonesia
dan Cina
b. India
dan Pakistan
c. Afrika
dan Jerman
d. Jerman
dan India
e. Afrika
dan India
6. Rico
memiliki ayah berkebangsaan Jerma, sedangkan ibunya adalah orang Indonesia
asli. Dalam masyarakat kita, Rico disebut sebagai anak indo atau anak hasil
perkawinan campuran yang dikenal dengan istilah . . .
a. Mestizo
b. Amalgamasi
c. Akulturasi
d. Asimilasi
e. Difusi
7. Pada
masyarakat Minangkabau, klen yang didasarkan pada garis keturunan ibu disebut .
. .
a. Marga
b. Fratri
c. Paroh
d. Paruik
e. Fam
8. Suku
bangsa di Indonesia memiliki keragaman budaya dan bahasa, namun secara fisik
tidak terdapat perbedaan yang mencolok karena . . .
a. Tidak
ada konflik
b. Kesamaan
pengalaman
c. Amalgamasi
d. Memiliki
wilayah yang sama
e. Toleransi
dan tenggang rasa
9. Yang
termasuk ke dalam suku bangsa Nusa Tenggara adalah . . .
a. Bugis
dan Flores
b. Ternate
dan Tidore
c. Banjar
dan Timor
d. Manggarai
dan Dompu
e. Bali
dan Asmat
10. Hidung
mancung, kulit putih, rambut pirang merupakan ciri khas . . .
a. Mongoloid
b. Kaukasoid
c. Negroid
d. Austroloid
e. Veddoid
11. Ahli
yang mengemukakan bahwa stratifikasi sosial merupakan penggolongan orang-orang ke
dalam lapisan-lapisan hierarki menurut dimensi kekuasaan, hak-hak istimewa, dan
prestise adalah . . .
a. Pitirim
A. Sorokin
b. Karl
Marx
c. Cuber
d. Emile
Durkheim
e. Max
Weber
12. Faktor
penentu stratifikasi sosial pada masyarakat bercocok tanam adalah . . .
a. Pembuka
lahan
b. Kepandaian
berburu
c. Jenis
kelamin
d. Harta
benda
e. Umur
13. Kondisi
yang mendorong terciptanya stratifikasi dalam masyarakat adalah . . .
a. Melimpahnya
kekayaan alam
b. Kerjasama
dalam mengerjakan tugas
c. Perbedaan
ras dan budaya
d. Prestise
sosial
e. Status
dan peranan seseorang
14. Ibnu
adalah murid yang rajin dan sangat disegani oleh teman-temannya. Karena
ketekunannya, Ibnu dianugerahi gelar sebagai siswa teladan oleh kepala sekolah.
Hal ini menunjukkan cara memperoleh status yang disebut . . .
a. Assigned
status
b. Ascribed
status
c. Achieved
status
d. Konflik
status
e. Status
individual
15. Astrid
adalah seorang anak yang berasal dari keluarga kaya. Setiap hari ia selalu
diantar dan dijemput dengan mobil pribadi ke sekolah. Ia selalu menggunakan tas
dan sepatu yang terbaru dan merek yang mahal. Hal yang ditunjukkan oleh Astrid
tersebut merupakan contoh . . .
a. Konflik
status
b. Assigned
status
c. Achieved
status
d. Simbol
status
e. Status
istimewa
16. Ibu
Dina adalah seorang guru di sekolah X. Ia merasa bingung melihat anaknya yang
setiap hari bolos sekolah. Sebagai seorang ibu, ia ingin melindungi anaknya.
Namun, sebagai seorang guru, ia harus bersikap adil pada setiap anak didiknya,
tidak terkecuali anaknya sendiri. Konflik yang dialami Ibu Dina merupakan . . .
a. Konflik
status antarindividu
b. Konflik
status antarkelompok
c. Konflik
status antara individu dengan kelompok
d. Konflik
status individual
e. Konflik
status antara individu dengan masyarakat
17. Resi
adalah seorang anak petani. Namun, karena kegigihan dan keuletannya, kini ia
berhasil menjadi seorang pengusaha makanan yang sangat sukses. Kemampuan Resi
untuk meningkatkan status sosialnya hanya mungkin terjadi pada sistem pelapisan
sosial . . .
a. Tertutup
b. Terbuka
c. Campuran
d. Semi
terbuka
e. Semi
tertutup
18. Perhatikan
pernyataan-pernyataan berikut !
1. Tahapan
perubahan perkembangan dalam masyarakat
2. Alat
solidaritas sosial dalam masyarakat
3. Penentu
lambang atau kedudukan
4. Penentu
tingkat mudah sukarnya bertukar kedudukan
5. Pengawas
sosial
Pernyataan
yang termasuk ke dalam fungsi stratifikasi sosial adalah . . .
a. 1,
2, dan 3
b. 1,
3, dan 5
c. 1,
3, dan 4
d. 2,
3, dan 4
e. 2,
3, dan 5
19. Dokter,
pengacara, dan insyinyur merupakan contoh pelapisan masyarakat di negara
demokratis, yaitu . . .
a. Skill
b. Semi
skill
c. Semi
profesional
d. Elite
e. Profesional
20. Pak
Imran memiliki status sosial tinggi dalam masyarakat karena ia merupakan salah
satu anggota DPR. Hal ini menunjukkan pelapisan sosial yang terjadi karena . .
.
a. Pendidikan
b. Kekayaan
c. Keturunan
d. Politik
e. Jenis
kelamin
- SOAL SOSIOLOGI EVALUASI KELAS XI SEMESTER 2
1. Kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta,
yaitu . . .
a. Dharma
b. Buddhayah
c. Prasetya
d. Satya
e. Prapanca
2. Perilaku, bahasa, dan materi merupakan contoh kebudayaan yang bersifat . . .
a. Konkret
b. Abstrak
c. Berpola
d. Mengikat
e. Tradisi
3. Kebudayaan merupakan suatu hal yang bersifat turun-temurun dari satu generasi ke generasi. Artinya, kebudayaan merupakan . . .
a. Supernatural
b. Superorganik
c. Superior
d. Berpola
e. Supremasi
4. Yang termasuk ke dalam unsur-unsur kebudayaan adalah . . .
a. Sistem ekonomi
b. Perkawinan
c. Suku bangsa
d. Pluralisme
e. Persatuan
5. Kalau kita merasa kedinginan, kita akan memakai pakaian yang lebih tebal. Kita berbeda dengan hewan yang telah memiliki bulu yang tebal untuk melindungi tubuhnya dari udara dingin. Hal ini menunjukkan bahwa . . .
a. Kebudayaan merupakan hal yang kita miliki bersama
b. Kebudayaan merupakan hasil integrasi
c. Kebudayaan didasarkan pada lambang
d. Kebudayaan adalah hasil belajar
e. Kebudayaan bersifat universal
6. Simbol terpenting dalam kebudayaan masyarakat adalah . . .
a. Artefak
b. Kesenian
c. Pakaian
d. Alat musik
e. Bahasa
7.Sistem mata pencaharian paling tua dalam kebudayaan manusia adalah . . .
a. Bercocok tanam
b. Beternak
c. Berburu dan meramu
d. Berladang
e. Bertani
8.Suatu bentuk kelompok kekerabatan di mana satu dan lainnya terikat melalui garis keturunan laki-laki saja atau perempuan saja disebut . . .
a. Kekerabatan
b. Klen kecil
c. Fratri
d. Paroh masyarakat
e. Klan besar
9. Suku bangsa Batak dan Manggarai menganut sistem kekerabatan . . .
a. Patrilineal
b. Matrilineal
c. Ambilineal
d. Unilineal
e. Bilateral
10. Yang termasuk ke dalam fungsi khusus bahasa adalah . . .
a. Mempelajari naskah-naskah kuno
b. Alat komunikasi
c. Alat untuk mengekspresikan diri
d. Alat untuk mengintegrasi dan beradaptasi sosial
e. Alat pemersatu bangsa
11. Ayam Den Lapeh merupakan lagu daerah yang berasal dari . . .
a. Aceh
b. Jawa Barat
c. Sumatera Utara
d. Sumatera Barat
e. Riau
12. Proses sosial yang dapat mengakibatkan perubahan pada sistem kemasyarakatan adalah . . .
a. Difusi
b. Asimilasi
c. Orijinasi
d. Akulturasi
e. Inovasi
13. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut !
1. Unsur baru yang berlawanan dengan unsur lama kemungkinan besar tidak diterima
2. Adanya suatu pengakuan bahwa unsur baru tersebut mempunyai kegunaan
3. Kemampuan untuk mendemonstrasikan manfaat penemuan baru tersebut
4. Pemimpin dapat membatasi proses difusi
5. Adanya pengakuan terhadap kegunaan penemuan baru
Pernyataan yang termasuk ke dalam faktor-faktor yang mempengaruhi difusi intramasyarakat adalah . . .
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 1, 3, dan 5
d. 2, 3, dan 4
e. 2, 3, dan 5
14. Masuknya Islam di Indonesia merupakan contoh . . .
a. Penetration violence
b. Penetration pasifique
c. Difusi
d. Inovasi
e. Discovery
15. Penemuan unsur kebudayaan yang baru, baik berupa alat atau gagasan disebut . . .
a. Invention
b. Inovasi
c. Discovery
d. Difusi
e. Asimilasi
16. Kriteria kelompok yang diungkapkan oleh Merton adalah . . .
a. Ditandai dengan sering terjadinya interaksi
b. Merupakan sekumpulan orang yang mandiri
c. Memiliki rasa kekeluargaan yang erat
d. Memiliki hukum yang bersifat memaksa
e. Memiliki kesadaran untuk saling menolong
17. Masyarakat yang telah mengenal pembagian kerja dan memiliki kesempatan antaranggota disebut . . .
a. In-group
b. Kelompok primer
c. Solidaritas mekanik
d. Solidaritas organik
e. Paguyuban
18.Bentuk terkecil dalam suatu kelompok sosial disebut . . .
a. Dyad
b. Monad
c. Triad
d. In-group
e. Out-group
19. Perasaan dalam dan luar kelompok merupakan dasar dari . . .
a. Chauvinisme
b. Nasionalisme
c. Primordialisme
d. Etnosentrisme
e. Sukuisme
20. Sejumlah orang yang mengerumuni korban kecelakaan mobil merupakan contoh . . .
a. Kelompok dalam
b. Kerumunan
c. Kelompok luar
d. Publik
e. Kolektif
21. Teman sepermainan dan keluarga merupakan contoh . . .
a. Kelompok primer
b. Kelompok luar
c. Kelompok sekunder
d. Kelompok sosial
e. Kerumunan
22. Berikut ini, yang merupakan ciri-ciri paguyuban adalah . . .
a. Ekslusif
b. Inklusif
c. Terbuka
d. Berdasarkan perjanjian
e. Memiliki struktur
23. Pandangan yang menyatakan bahwa orang Cina bersifat licik merupakan contoh . . .
a. Stereotip
b. Antipati
c. Antagonisme
d. Prasangka
e. Primordialisme
24. Yang termasuk ke dalam bentuk dominasi adalah . . .
a. Genosida dan akulturasi
b. Genosida dan segregasi
c. Difusi dan asimilasi
d. Segregasi dan integrasi
e. Integrasi dan pluralisme
25. Semboyan Bhineka Tunggal Ika yang dimiliki bangsa Indonesia menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia merupakan . . .
a. Masyarakat majemuk
b. Masyarakat sosialis
c. Masyarakat otoriter
d. Masyarakat demokratis
e. Masyarakat modern
26. Yang termasuk ke dalam pola hubungan patenalisme adalah . . .
a. Masyarakat madani
b. Masyarakat kolonial
c. Masyarakat agraris
d. Masyarakat majemuk
e. Masyarakat status
27. Keinginan manusia untuk hidup bersama dengan orang lain disebut . . .
a. Insting
b. Gregariousness
c. Hasrat
d. Pengelompokan sosial
e. Naluri
28. Kelompok primer dalam masyarakat Indonesia dikenal pula dengan sebutan . . .
a. Patembayan
b. Paguyuban
c. Kelompok sosial
d. Masyarakat majemuk
e. Masyarakat perkotaan
29. Sikap terhadap kelompok luar ditandai dengan . . .
a. Simpati
b. Perasaan senasib
c. Kekerasan
d. Antipati
e. Konflik
30. Kinloch mengemukakan kriteria yang mendasari hubungan antarkelompok yaitu . . .
a. Kriteria kebudayaan
b. Kriteria kekuasaan
c. Kritertia pekerjaan
d. Kriteria peranan sosial
e. Kriteria pendidikan
31. Karakteristik keragaman masyarakat menurut Van den Berghe adalah . . .
a. Adanya dominasi politik oleh suatu kelompok atas kelompok lain
b. Musyarawah untuk menyelesaikan konflik
c. Mengembangkan rasa saling tenggang rasa yang sangat tinggi
d. Memiliki segmentasi budaya yang jelas
e. Memiliki keragaman budaya
32. Dasar berpikir dari masyarakat multikultural adalah . . .
a. Pluralisme
b. Etnosentrisme
c. Multikulturalisme
d. Liberalisme
e. Demokratisasi
33. Masyarakat yang berusaha untuk membatasi pergaulannya dengan masyarakat lain yang dianggap dapat merusak budayanya disebut . . .
a. Masyarakat desa
b. Masyarakat enklusif
c. Masyarakat inklusif
d. Masyarakat nelayan
e. Masyarakat pertanian
34. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut !
1. Pola pikir cenderung rasional
2. Cenderung bersifat sekuler
3. Religius magis
4. Tingkat mobilitas sosial rendah
5. Sangat tergantung pada alam
Yang termasuk ke dalam ciri masyarakat desa adalah . . .
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 2, 3, dan 4
d. 2, 3, dan 5
e. 3, 4, dan 5
35. Faktor yang mempengaruhi terjadinya konflik dalam masyarakat Indonesia adalah . . .
a. Adanya perbedaan sikap atau pendirian
b. Sikap menerima perubahan secara kritis
c. Sangat percaya pada rasionalitas
d. Terjadinya disintegrasi bangsa
e. Pendistribusian kekayaan yang tidak merata
36. Dari segi lokalitas, masyarakat Indonesia dibagi menjadi . . .
a. Masyarakat konservatif dan modern
b. Masyarakat ekslusif dan inklusif
c. Masyarakat desa dan kota
d. Masyarakat pertanian dan nelayan
e. Masyarakat tradisional dan modern
37. Contoh masalah masyarakat Indonesia yang bersifat horizontal adalah . . .
a. Kekuasaan dan kekayaan
b. Kekayaan dan suku bangsa
c. Ras dan kekayaan
d. Suku bangsa dan agama
e. Agama dan pendidikan
38. Faktor-faktor yang mendorong keragaman masyarakat Indonesia adalah . . .
a. Keadaan geografis Indonesia
b. Sumber alam yang melimpah
c. Mata pencaharian yang berbeda
d. Realitas sosial dan budaya yang khas
e. Adanya dominasi terhadap minoritas
39. Manfaat masyarakat multikulturalisme adalah . . .
a. Kebenaran menjadi monopoli orang yang berkuasa
b. Munculnya rasa tidak menghargai kebudayaan lain
c. Sebagai benteng pertahanan terhadap ancaman yang timbul dari budaya kapital
d. Menjadi alat untuk mengembangkan adat dan tradisi
e. Dapat berfungsi sebagai alat untuk mengevaluasi kinerja masyarakat
40. Masyarakat multikultural adalah . . .
a. Masyarakat yang mengakui beragam keunikan budaya, tetapi tidak mengekang kelompok lain
b. Masyarakat yang mengakui beragam budaya, tetapi mendominasi kelompok lain
c. Masyarakat yang memiliki subkebudayaan yang berbeda
d. Masyarakat yang mengakui keberagaman kelompok lain, tetapi seringkali mengalami konflik
e. Masyarakat yang berintegrasi dalam satu pemerintahan yang otorite
a. Dharma
b. Buddhayah
c. Prasetya
d. Satya
e. Prapanca
2. Perilaku, bahasa, dan materi merupakan contoh kebudayaan yang bersifat . . .
a. Konkret
b. Abstrak
c. Berpola
d. Mengikat
e. Tradisi
3. Kebudayaan merupakan suatu hal yang bersifat turun-temurun dari satu generasi ke generasi. Artinya, kebudayaan merupakan . . .
a. Supernatural
b. Superorganik
c. Superior
d. Berpola
e. Supremasi
4. Yang termasuk ke dalam unsur-unsur kebudayaan adalah . . .
a. Sistem ekonomi
b. Perkawinan
c. Suku bangsa
d. Pluralisme
e. Persatuan
5. Kalau kita merasa kedinginan, kita akan memakai pakaian yang lebih tebal. Kita berbeda dengan hewan yang telah memiliki bulu yang tebal untuk melindungi tubuhnya dari udara dingin. Hal ini menunjukkan bahwa . . .
a. Kebudayaan merupakan hal yang kita miliki bersama
b. Kebudayaan merupakan hasil integrasi
c. Kebudayaan didasarkan pada lambang
d. Kebudayaan adalah hasil belajar
e. Kebudayaan bersifat universal
6. Simbol terpenting dalam kebudayaan masyarakat adalah . . .
a. Artefak
b. Kesenian
c. Pakaian
d. Alat musik
e. Bahasa
7.Sistem mata pencaharian paling tua dalam kebudayaan manusia adalah . . .
a. Bercocok tanam
b. Beternak
c. Berburu dan meramu
d. Berladang
e. Bertani
8.Suatu bentuk kelompok kekerabatan di mana satu dan lainnya terikat melalui garis keturunan laki-laki saja atau perempuan saja disebut . . .
a. Kekerabatan
b. Klen kecil
c. Fratri
d. Paroh masyarakat
e. Klan besar
9. Suku bangsa Batak dan Manggarai menganut sistem kekerabatan . . .
a. Patrilineal
b. Matrilineal
c. Ambilineal
d. Unilineal
e. Bilateral
10. Yang termasuk ke dalam fungsi khusus bahasa adalah . . .
a. Mempelajari naskah-naskah kuno
b. Alat komunikasi
c. Alat untuk mengekspresikan diri
d. Alat untuk mengintegrasi dan beradaptasi sosial
e. Alat pemersatu bangsa
11. Ayam Den Lapeh merupakan lagu daerah yang berasal dari . . .
a. Aceh
b. Jawa Barat
c. Sumatera Utara
d. Sumatera Barat
e. Riau
12. Proses sosial yang dapat mengakibatkan perubahan pada sistem kemasyarakatan adalah . . .
a. Difusi
b. Asimilasi
c. Orijinasi
d. Akulturasi
e. Inovasi
13. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut !
1. Unsur baru yang berlawanan dengan unsur lama kemungkinan besar tidak diterima
2. Adanya suatu pengakuan bahwa unsur baru tersebut mempunyai kegunaan
3. Kemampuan untuk mendemonstrasikan manfaat penemuan baru tersebut
4. Pemimpin dapat membatasi proses difusi
5. Adanya pengakuan terhadap kegunaan penemuan baru
Pernyataan yang termasuk ke dalam faktor-faktor yang mempengaruhi difusi intramasyarakat adalah . . .
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 1, 3, dan 5
d. 2, 3, dan 4
e. 2, 3, dan 5
14. Masuknya Islam di Indonesia merupakan contoh . . .
a. Penetration violence
b. Penetration pasifique
c. Difusi
d. Inovasi
e. Discovery
15. Penemuan unsur kebudayaan yang baru, baik berupa alat atau gagasan disebut . . .
a. Invention
b. Inovasi
c. Discovery
d. Difusi
e. Asimilasi
16. Kriteria kelompok yang diungkapkan oleh Merton adalah . . .
a. Ditandai dengan sering terjadinya interaksi
b. Merupakan sekumpulan orang yang mandiri
c. Memiliki rasa kekeluargaan yang erat
d. Memiliki hukum yang bersifat memaksa
e. Memiliki kesadaran untuk saling menolong
17. Masyarakat yang telah mengenal pembagian kerja dan memiliki kesempatan antaranggota disebut . . .
a. In-group
b. Kelompok primer
c. Solidaritas mekanik
d. Solidaritas organik
e. Paguyuban
18.Bentuk terkecil dalam suatu kelompok sosial disebut . . .
a. Dyad
b. Monad
c. Triad
d. In-group
e. Out-group
19. Perasaan dalam dan luar kelompok merupakan dasar dari . . .
a. Chauvinisme
b. Nasionalisme
c. Primordialisme
d. Etnosentrisme
e. Sukuisme
20. Sejumlah orang yang mengerumuni korban kecelakaan mobil merupakan contoh . . .
a. Kelompok dalam
b. Kerumunan
c. Kelompok luar
d. Publik
e. Kolektif
21. Teman sepermainan dan keluarga merupakan contoh . . .
a. Kelompok primer
b. Kelompok luar
c. Kelompok sekunder
d. Kelompok sosial
e. Kerumunan
22. Berikut ini, yang merupakan ciri-ciri paguyuban adalah . . .
a. Ekslusif
b. Inklusif
c. Terbuka
d. Berdasarkan perjanjian
e. Memiliki struktur
23. Pandangan yang menyatakan bahwa orang Cina bersifat licik merupakan contoh . . .
a. Stereotip
b. Antipati
c. Antagonisme
d. Prasangka
e. Primordialisme
24. Yang termasuk ke dalam bentuk dominasi adalah . . .
a. Genosida dan akulturasi
b. Genosida dan segregasi
c. Difusi dan asimilasi
d. Segregasi dan integrasi
e. Integrasi dan pluralisme
25. Semboyan Bhineka Tunggal Ika yang dimiliki bangsa Indonesia menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia merupakan . . .
a. Masyarakat majemuk
b. Masyarakat sosialis
c. Masyarakat otoriter
d. Masyarakat demokratis
e. Masyarakat modern
26. Yang termasuk ke dalam pola hubungan patenalisme adalah . . .
a. Masyarakat madani
b. Masyarakat kolonial
c. Masyarakat agraris
d. Masyarakat majemuk
e. Masyarakat status
27. Keinginan manusia untuk hidup bersama dengan orang lain disebut . . .
a. Insting
b. Gregariousness
c. Hasrat
d. Pengelompokan sosial
e. Naluri
28. Kelompok primer dalam masyarakat Indonesia dikenal pula dengan sebutan . . .
a. Patembayan
b. Paguyuban
c. Kelompok sosial
d. Masyarakat majemuk
e. Masyarakat perkotaan
29. Sikap terhadap kelompok luar ditandai dengan . . .
a. Simpati
b. Perasaan senasib
c. Kekerasan
d. Antipati
e. Konflik
30. Kinloch mengemukakan kriteria yang mendasari hubungan antarkelompok yaitu . . .
a. Kriteria kebudayaan
b. Kriteria kekuasaan
c. Kritertia pekerjaan
d. Kriteria peranan sosial
e. Kriteria pendidikan
31. Karakteristik keragaman masyarakat menurut Van den Berghe adalah . . .
a. Adanya dominasi politik oleh suatu kelompok atas kelompok lain
b. Musyarawah untuk menyelesaikan konflik
c. Mengembangkan rasa saling tenggang rasa yang sangat tinggi
d. Memiliki segmentasi budaya yang jelas
e. Memiliki keragaman budaya
32. Dasar berpikir dari masyarakat multikultural adalah . . .
a. Pluralisme
b. Etnosentrisme
c. Multikulturalisme
d. Liberalisme
e. Demokratisasi
33. Masyarakat yang berusaha untuk membatasi pergaulannya dengan masyarakat lain yang dianggap dapat merusak budayanya disebut . . .
a. Masyarakat desa
b. Masyarakat enklusif
c. Masyarakat inklusif
d. Masyarakat nelayan
e. Masyarakat pertanian
34. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut !
1. Pola pikir cenderung rasional
2. Cenderung bersifat sekuler
3. Religius magis
4. Tingkat mobilitas sosial rendah
5. Sangat tergantung pada alam
Yang termasuk ke dalam ciri masyarakat desa adalah . . .
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 2, 3, dan 4
d. 2, 3, dan 5
e. 3, 4, dan 5
35. Faktor yang mempengaruhi terjadinya konflik dalam masyarakat Indonesia adalah . . .
a. Adanya perbedaan sikap atau pendirian
b. Sikap menerima perubahan secara kritis
c. Sangat percaya pada rasionalitas
d. Terjadinya disintegrasi bangsa
e. Pendistribusian kekayaan yang tidak merata
36. Dari segi lokalitas, masyarakat Indonesia dibagi menjadi . . .
a. Masyarakat konservatif dan modern
b. Masyarakat ekslusif dan inklusif
c. Masyarakat desa dan kota
d. Masyarakat pertanian dan nelayan
e. Masyarakat tradisional dan modern
37. Contoh masalah masyarakat Indonesia yang bersifat horizontal adalah . . .
a. Kekuasaan dan kekayaan
b. Kekayaan dan suku bangsa
c. Ras dan kekayaan
d. Suku bangsa dan agama
e. Agama dan pendidikan
38. Faktor-faktor yang mendorong keragaman masyarakat Indonesia adalah . . .
a. Keadaan geografis Indonesia
b. Sumber alam yang melimpah
c. Mata pencaharian yang berbeda
d. Realitas sosial dan budaya yang khas
e. Adanya dominasi terhadap minoritas
39. Manfaat masyarakat multikulturalisme adalah . . .
a. Kebenaran menjadi monopoli orang yang berkuasa
b. Munculnya rasa tidak menghargai kebudayaan lain
c. Sebagai benteng pertahanan terhadap ancaman yang timbul dari budaya kapital
d. Menjadi alat untuk mengembangkan adat dan tradisi
e. Dapat berfungsi sebagai alat untuk mengevaluasi kinerja masyarakat
40. Masyarakat multikultural adalah . . .
a. Masyarakat yang mengakui beragam keunikan budaya, tetapi tidak mengekang kelompok lain
b. Masyarakat yang mengakui beragam budaya, tetapi mendominasi kelompok lain
c. Masyarakat yang memiliki subkebudayaan yang berbeda
d. Masyarakat yang mengakui keberagaman kelompok lain, tetapi seringkali mengalami konflik
e. Masyarakat yang berintegrasi dalam satu pemerintahan yang otorite
- SOAL SOSIOLOGI KELAS XII SEMESTER 1
1. Perubahan yang berlangsung pada lembaga
kemasyarakatan dinamakan dengan ....
a. perubahan sosial
b. modernisasi
c. globalisasi
d. revolusi
e. evolusi
2. Proses terjadinya perubahan sosial dalam masyarakat dapat dilakukan melalui penyebaran ide, keyakinan, dan unsur budaya dari individu ke individu lain atau antar masyarakat. Proses tersebut secara sosiologis disebut ….
a. komunikasi
b. difusi
c. konsiliasi
d. mediasi
e. kontak sosial
3. Masyarakat dan budaya selalu mengalami perubahan. Hal ini berarti ada sifat tertentu yang dimiliki, yaitu ....
a. dinamis
b. statis
c. labil
d. evolutif
e. revolutif
4. Suatu perubahan sosial di masyarakat mengalami perkembangan yang diibaratkan sebuah organisme. Ada masa kelahiran, anak-anak, dewasa, tua, dan kematian. Pernyataan di atas merupakan konsep dasar dari teori ....
a. konflik
b. fungsional
c. evolusi
d. siklus
e. linear
5. Masyarakat pedesaan lebih lambat mengalami perubahan sosial dibanding masyarakat kota. Hal tersebut berkaitan dengan ….
a. jumlah penduduk yang berlainan
b. tingkat heterogenitas penduduk
c. kuat lemahnya kehidupan beragama
d. besarnya pengaruh pemimpin
e. adat yang sangat kuat dipertahankan masyarakat
6. Secara sosiologis, yang bukan merupakan syarat yang harus dipenuhi agar tercapai revolusi adalah ....
a. harus ada keinginan masyarakat untuk perubahan
b. ada pemimpin
c. ada tujuan yang dapat dicapai
d. ada momentum yang tepat
e. ada penyandang dana
7. Dibawah ini yang merupakan contoh perubahan sosial yang berbentuk progress adalah ….
a. angkutan masuk desa menyebabkan terdesaknya sais kereta
b. listrik masuk desa menyebabkan kriminalitas
c. penggunaan komputer memperlancar sistem informasi
d. penggunaan robot dalam industri menyebabkan terjadinya pengangguran
e. siaran televisi yang makin meningkat menyebabkan siswa malas belajar
8. Perubahan mode pakaian merupakan bentuk perubahan sosial yang pengaruhnya kecil, karena ….
a. terjadi secara lambat dalam masyarakat
b. tidak mengubah struktur sosial dalam masyarakat
c. telah direncanakan oleh kelompok tertentu
d. memiliki dampak negatif bagi masyarakat
e. perubahan yang terjadi tidak merata dalam masyarakat
9. Pada masa sekarang, demonstrasi merupakan fenomena sosial yang sering terjadi dalam masyarakat. Demonstrasi dapat berfungsi sebagai ….
a. alat untuk menuntut kebebasan
b. alat legitimasi bagi pemerintah
c. alat kontrol sosial
d. alat legitimasi bagi rakyat
e. upaya untuk meningkatkan kesejahteraan
10. Perubahan yang fundamental meliputi struktur sosial/ aspek kehidupan masyarakat yang berlangsung dalam waktu relatif singkat disebut ….
a. revolusi sosial
b. perubahan regress
c. pergeseran tata nilai
d. evolusi sosial
e. perubahan progress
11. Di bawah ini yang merupakan faktor penghambat perubahan sosial adalah ....
a. nilai bahwa hidup ini pada hakekatnya buruk dan tidak mungkin diperbaiki
b. sistem terbuka dalam lapisan sosial
c. nilai bahwa manusia senantiasa berikhtiar
d. sikap menghargai hasil karya seseorang
e. sistem pendidikan yang maju
12. Faktor pendorong modernisasi yang dapat menghasilkan nilai tambah adalah keinginan untuk ….
a. hidup praktis dan nyaman
b. dapat bersaing dengan bangsa lain
c. menghasilkan barang berkualitas
d. mengurangi keterbelakangan hidup
e. meningkatkan efisiensi kerja
13. Bentuk perbedaan westernisasi dengan modernisasi adalah ….
a. westernisasi bersifat individualis, modernisasi bersifat materialis
b. westernisasi meniru mutlak budaya barat, modernisasi masih berpijak pada norma dan agama
c. westernisasi merupakan pembaratan yang mutlak, modernisasi berupa setengah-setengah
d. westernisasi lebih umum, modernisasi hanya pada bidang tertentu
e. westernisasi mudah dilakukan, sedangkan modernisasi sulit dilaksanakan
14. Faktor utama yang mendorong terjadinya globalisasi adalah ....
a. perkembangan iptek
b. ketahanan sosial
c. kondisi politik
d. kemajuan pendidikan
e. ketahanan nasional
15. Adanya kecenderungan di masyarakat khususnya remaja yang lebih menyukai steak daripada tempe dan tahu, menunjukkan dampak negatif globalisasi di bidang ....
a. ekonomi
b. agama
c. politik
d. budaya
e. teknologi
16. Seperangkat aturan atau norma sosial dalam masyarakat guna memenuhi kebutuhan hidup anggota masyarakat disebut dengan ….
a. struktur sosial
b. lembaga sosial
c. pelapisan sosial
d. sistem sosial
e. asosiasi
17. Pernyataan dibawah ini yang tidak berkaitan dengan lembaga sosial adalah ….
a. kumpulan dari aturan sosial dalam masyarakat
b. berisi kebendaan yang kuat dan kokoh
c. dibuat untuk mengatur berbagai kegiatan hidup masyarakat
d. berkaitan dengan upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat
e. seperangkat aturan untuk mengatur kebutuhan sosial tertentu
18. Norma-norma dalam masyarakat akan menjadi bagian tertentu di lembaga sosial setelah mengalami ....
a. sosialisasi dan internalisasi
b. internalisasi dan institusionalisasi
c. internalisasi dan eksternalisasi
d. sosialisasi dan eksternalisasi
e. sosialisasi dan akulturasi
19. Contoh fungsi penting dari pranata politik atau pemerintahan adalah ….
a. mengatur hubungan bilateral
b. meningkatkan mutu pendidikan nasional
c. memelihara ketertiban dan memelihara ketertiban dan melindungi masyarakat
d. mendekatkan hubungan antara manusia dengan kekuasaan
e. mengatur pemenuhan kebutuhan ekonomi masyarakat luas
20. Perhatikan pernyataan berikut !
1. Memberi jalan keselamatan
2. Memenuhi kebutuhan hidup
3. Memenuhi rasa aman/ tenteram
4. Mengatur kekuasaan
Dari pernyataan di atas yang termasuk fungsi dari pranata agama adalah ….
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 3 dan 4
a. perubahan sosial
b. modernisasi
c. globalisasi
d. revolusi
e. evolusi
2. Proses terjadinya perubahan sosial dalam masyarakat dapat dilakukan melalui penyebaran ide, keyakinan, dan unsur budaya dari individu ke individu lain atau antar masyarakat. Proses tersebut secara sosiologis disebut ….
a. komunikasi
b. difusi
c. konsiliasi
d. mediasi
e. kontak sosial
3. Masyarakat dan budaya selalu mengalami perubahan. Hal ini berarti ada sifat tertentu yang dimiliki, yaitu ....
a. dinamis
b. statis
c. labil
d. evolutif
e. revolutif
4. Suatu perubahan sosial di masyarakat mengalami perkembangan yang diibaratkan sebuah organisme. Ada masa kelahiran, anak-anak, dewasa, tua, dan kematian. Pernyataan di atas merupakan konsep dasar dari teori ....
a. konflik
b. fungsional
c. evolusi
d. siklus
e. linear
5. Masyarakat pedesaan lebih lambat mengalami perubahan sosial dibanding masyarakat kota. Hal tersebut berkaitan dengan ….
a. jumlah penduduk yang berlainan
b. tingkat heterogenitas penduduk
c. kuat lemahnya kehidupan beragama
d. besarnya pengaruh pemimpin
e. adat yang sangat kuat dipertahankan masyarakat
6. Secara sosiologis, yang bukan merupakan syarat yang harus dipenuhi agar tercapai revolusi adalah ....
a. harus ada keinginan masyarakat untuk perubahan
b. ada pemimpin
c. ada tujuan yang dapat dicapai
d. ada momentum yang tepat
e. ada penyandang dana
7. Dibawah ini yang merupakan contoh perubahan sosial yang berbentuk progress adalah ….
a. angkutan masuk desa menyebabkan terdesaknya sais kereta
b. listrik masuk desa menyebabkan kriminalitas
c. penggunaan komputer memperlancar sistem informasi
d. penggunaan robot dalam industri menyebabkan terjadinya pengangguran
e. siaran televisi yang makin meningkat menyebabkan siswa malas belajar
8. Perubahan mode pakaian merupakan bentuk perubahan sosial yang pengaruhnya kecil, karena ….
a. terjadi secara lambat dalam masyarakat
b. tidak mengubah struktur sosial dalam masyarakat
c. telah direncanakan oleh kelompok tertentu
d. memiliki dampak negatif bagi masyarakat
e. perubahan yang terjadi tidak merata dalam masyarakat
9. Pada masa sekarang, demonstrasi merupakan fenomena sosial yang sering terjadi dalam masyarakat. Demonstrasi dapat berfungsi sebagai ….
a. alat untuk menuntut kebebasan
b. alat legitimasi bagi pemerintah
c. alat kontrol sosial
d. alat legitimasi bagi rakyat
e. upaya untuk meningkatkan kesejahteraan
10. Perubahan yang fundamental meliputi struktur sosial/ aspek kehidupan masyarakat yang berlangsung dalam waktu relatif singkat disebut ….
a. revolusi sosial
b. perubahan regress
c. pergeseran tata nilai
d. evolusi sosial
e. perubahan progress
11. Di bawah ini yang merupakan faktor penghambat perubahan sosial adalah ....
a. nilai bahwa hidup ini pada hakekatnya buruk dan tidak mungkin diperbaiki
b. sistem terbuka dalam lapisan sosial
c. nilai bahwa manusia senantiasa berikhtiar
d. sikap menghargai hasil karya seseorang
e. sistem pendidikan yang maju
12. Faktor pendorong modernisasi yang dapat menghasilkan nilai tambah adalah keinginan untuk ….
a. hidup praktis dan nyaman
b. dapat bersaing dengan bangsa lain
c. menghasilkan barang berkualitas
d. mengurangi keterbelakangan hidup
e. meningkatkan efisiensi kerja
13. Bentuk perbedaan westernisasi dengan modernisasi adalah ….
a. westernisasi bersifat individualis, modernisasi bersifat materialis
b. westernisasi meniru mutlak budaya barat, modernisasi masih berpijak pada norma dan agama
c. westernisasi merupakan pembaratan yang mutlak, modernisasi berupa setengah-setengah
d. westernisasi lebih umum, modernisasi hanya pada bidang tertentu
e. westernisasi mudah dilakukan, sedangkan modernisasi sulit dilaksanakan
14. Faktor utama yang mendorong terjadinya globalisasi adalah ....
a. perkembangan iptek
b. ketahanan sosial
c. kondisi politik
d. kemajuan pendidikan
e. ketahanan nasional
15. Adanya kecenderungan di masyarakat khususnya remaja yang lebih menyukai steak daripada tempe dan tahu, menunjukkan dampak negatif globalisasi di bidang ....
a. ekonomi
b. agama
c. politik
d. budaya
e. teknologi
16. Seperangkat aturan atau norma sosial dalam masyarakat guna memenuhi kebutuhan hidup anggota masyarakat disebut dengan ….
a. struktur sosial
b. lembaga sosial
c. pelapisan sosial
d. sistem sosial
e. asosiasi
17. Pernyataan dibawah ini yang tidak berkaitan dengan lembaga sosial adalah ….
a. kumpulan dari aturan sosial dalam masyarakat
b. berisi kebendaan yang kuat dan kokoh
c. dibuat untuk mengatur berbagai kegiatan hidup masyarakat
d. berkaitan dengan upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat
e. seperangkat aturan untuk mengatur kebutuhan sosial tertentu
18. Norma-norma dalam masyarakat akan menjadi bagian tertentu di lembaga sosial setelah mengalami ....
a. sosialisasi dan internalisasi
b. internalisasi dan institusionalisasi
c. internalisasi dan eksternalisasi
d. sosialisasi dan eksternalisasi
e. sosialisasi dan akulturasi
19. Contoh fungsi penting dari pranata politik atau pemerintahan adalah ….
a. mengatur hubungan bilateral
b. meningkatkan mutu pendidikan nasional
c. memelihara ketertiban dan memelihara ketertiban dan melindungi masyarakat
d. mendekatkan hubungan antara manusia dengan kekuasaan
e. mengatur pemenuhan kebutuhan ekonomi masyarakat luas
20. Perhatikan pernyataan berikut !
1. Memberi jalan keselamatan
2. Memenuhi kebutuhan hidup
3. Memenuhi rasa aman/ tenteram
4. Mengatur kekuasaan
Dari pernyataan di atas yang termasuk fungsi dari pranata agama adalah ….
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 3 dan 4
- SOAL SOSIOLOGI KELS XII SEMESTER 2
1. Dalam
penelitian ilmiah langkah awal yang perlu dilakukan adalah...
a. Menetapkan hipotesis
b. Membuat judul
c. Memilih masalah penelitian
d. Menyusun daftar isi
e. Membuat proposal
2. Dibawah ini merupakan tujuan penelitian kecuali....
a. Mendapatkan pengetahuan baru
b. Mengembangkan suatu teori
c. Mencari kemakmuran
d. Menguji kbenaran
e. Menggalli suatu problematikan yang muncul.
3. Dilihat dari pengambilan sumber datanya dari masyarakat, data terbagi atas dua macam yaitu……
a. Data valid dan reliabel
b. Internal dan eksternal
c. Kualitas dan kuantitas
d. Valid dan in valid
e. Primer dan sekunder
4. Data yang diperoleh seorang peneliti melalui bahan perpustakaan merupakan data...
a. Konkrit
b. Random
c. Langsung
d. Primer
e. Sekunder
5. Salah satu cara berfikir yang harus dimiliki oleh seorang peneliti adalah berfikir skeptis, artinya.....
a. Selalu menanyakan bukti dan fakta.
b. Selalu menganalisis setiap persolan
c. Selalu mendasarkan pikiran pada logika
d. Tidak memasukkan keinginan diri pada data.
e. Memberikan bukti dan siap menerima kritik.
6. Untuk memperbaiki kualitas data, perlu dilakukan tahap pengorganisasian data yang disebut editing yaitu.....
a. Menyusun data yang terkumpul
b. Mengklsifikasikan data
c. Memilah-milah angket
d. Meneliti kembali data yang masuk
e. Mencari hubungan jawaban responden
7. Dalam rancangan penelitian sosial yang perlu diperhatikan adalah pemilihan topik penelitian. Salah satu topik penelitian yang baik yaitu cukup menarik untuk diteliti, artinya….
a. memiliki manfaat bagi masyarakat luas
b. berkaitan erat dengan isu-isu yang terjadi
c. mendorong semangat melakukan penelitian
d. menambah jumlah topik penelitian
e. meningkatkan pengetahuan masyarakat
8. Salah stau topik peneltian yang baik adalah ketersediaan data. Persyaratan tersebut dimaksudkan agar penelitiannya....
a. Sama dengan peneliti terdahulu
b. Sesuai dengan dana penelitian
c. Berbeda dengan perasaan peneliti
d. Dapat dilaksanakan dengan baik
e. Berguna bagi masyarakat
9. Setiap kegiatan penelitian harus disertai dengan penulisan laporan secara sistematis, artinya....
a. Berdasarkan penelitian
b. Sesuai dengan rancangan penelitian
c. Teratur mengikuti kerangka karya ilmiah
d. Mengikuti pendapat guru mata pelajaran
e. Mengacu kebiasaan yang berlaku permanen
10. Dalam diskusi untuk mengkomunikasikan hasil penelitian, tugas moderator antara lain.....
a. Mengatur jalannya diskusi
b. Menyampaikan hasil penelitian
c. Mencatat pertanyaan dan penanya
d. Menjawab pertanyaan
e. Membahas hasil penelitian
11. Keseluruhan obyek yang menjadi pusat perhatian penelitian disebut ……….
a. Sasaran
b. Sampel
c. Variabel
d. Obyek
e. populasi
12. Anggota populasi bersifat homogen dan setiap unsur populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih adalah ciri utama dari teknik pengambilan sampel yang disebut....
a. Purposive sampling
b. Accidental sampling
c. Random sampling
d. Snowbal sampling
e. Systematik sampling.
13. Bagian isi dari laporan penelitian terdiri dari beberapa bab meliputi...
a. Judul, pengesahan, kata pengantar, dan kesimpulan.
b. Judul, pendahuluan, tinjauan pustaka, dan hasil penelitian.
c. Pengantar,pendahuluan, tinjauan pustaka, dan hasil penelitian.
d. Pengantar, tinjauan pustaka, hasil penelitian dan kesimpulan.
e. Pendahuluan, tinjauan pustaka, hasil penelitian, dan kesimpulan.
14. Manfaat diadakannya diskusi kelas dalam penyajian laporan hasil penelitian adalah....
a. Melatih keberanian siswa dalam berpendapat.
b. Melatih keberanian siswa untuk mempertahankan pendapat.
c. Melatih siswa berfikir kritis, kreatif, dan inovatif.
d. Mempraktikkan pengetahuan yang diperoleh
e. Memperoleh rasa percaya diri siswa.
15. Tujuan editing dalam pengolahan dat hasil penelitian adalah….
a. Merumuskan penelitian
b. Membantu mencari topic masalah
c. Memperbaiki kualitas data
d. Membuat table
e. Mengkode data
16. Alat pengumpul data berupa serentetan pertanyaan atau latihan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan, inteligensi, dan kemampuan atau bakat yang dimiliki individu atau kelompok dinamakan.
.a. Kuesioner
b. Wawancara
c. Tes
d. Observasi
e. Dokumentasi
17. Laporan penelitian harus menggunakan bahasa yang komuniktif agar pembaca.....
a. Ingin selalu membaca hasil penelitian
b. Mengerti dan memahami hasil penelitian.
c. Memahami bahwa sulitnya mengadakan penelitian
d. Mengerti jumlah biaya yang dikeluarkan.
e. Memperoleh gambaran tentang cara mengolah data
18. Perhatikan pernyataan-pernytaan berikut.
i. Dapat memisahkan pendapat pribadi dari kenyataan
ii. Mendasarkan pikiran dan pendapatnya pada logika
iii. Mengemukakan bukti atau fakta yang dapat mendukung pernyataan.
iv. Menganalisis setiap persoalan yang dihadapi.
Perbedaan antara cara berfikir skeptis dan analitis ditunjukkan oleh pernyataan....
a. i dan ii
b. ii dan iii
c. iii dan iv
d. i dan iii
e. ii dan iv
19. Jika data usia tujuh peserta lomba lukis anak-anak adalah 5, 6, 7, 8, 9, 10, dan 11. Maka mediannya adalah …………
a. 5
b. 7
c. 8
d. 10
e. 11
20. Kesimpulan sementara yang diperoleh peneliti dianggap benar untuk sementara waktu disebut.....
a. Generalisasi
b. Persepsi
c. Preposisi
a. Menetapkan hipotesis
b. Membuat judul
c. Memilih masalah penelitian
d. Menyusun daftar isi
e. Membuat proposal
2. Dibawah ini merupakan tujuan penelitian kecuali....
a. Mendapatkan pengetahuan baru
b. Mengembangkan suatu teori
c. Mencari kemakmuran
d. Menguji kbenaran
e. Menggalli suatu problematikan yang muncul.
3. Dilihat dari pengambilan sumber datanya dari masyarakat, data terbagi atas dua macam yaitu……
a. Data valid dan reliabel
b. Internal dan eksternal
c. Kualitas dan kuantitas
d. Valid dan in valid
e. Primer dan sekunder
4. Data yang diperoleh seorang peneliti melalui bahan perpustakaan merupakan data...
a. Konkrit
b. Random
c. Langsung
d. Primer
e. Sekunder
5. Salah satu cara berfikir yang harus dimiliki oleh seorang peneliti adalah berfikir skeptis, artinya.....
a. Selalu menanyakan bukti dan fakta.
b. Selalu menganalisis setiap persolan
c. Selalu mendasarkan pikiran pada logika
d. Tidak memasukkan keinginan diri pada data.
e. Memberikan bukti dan siap menerima kritik.
6. Untuk memperbaiki kualitas data, perlu dilakukan tahap pengorganisasian data yang disebut editing yaitu.....
a. Menyusun data yang terkumpul
b. Mengklsifikasikan data
c. Memilah-milah angket
d. Meneliti kembali data yang masuk
e. Mencari hubungan jawaban responden
7. Dalam rancangan penelitian sosial yang perlu diperhatikan adalah pemilihan topik penelitian. Salah satu topik penelitian yang baik yaitu cukup menarik untuk diteliti, artinya….
a. memiliki manfaat bagi masyarakat luas
b. berkaitan erat dengan isu-isu yang terjadi
c. mendorong semangat melakukan penelitian
d. menambah jumlah topik penelitian
e. meningkatkan pengetahuan masyarakat
8. Salah stau topik peneltian yang baik adalah ketersediaan data. Persyaratan tersebut dimaksudkan agar penelitiannya....
a. Sama dengan peneliti terdahulu
b. Sesuai dengan dana penelitian
c. Berbeda dengan perasaan peneliti
d. Dapat dilaksanakan dengan baik
e. Berguna bagi masyarakat
9. Setiap kegiatan penelitian harus disertai dengan penulisan laporan secara sistematis, artinya....
a. Berdasarkan penelitian
b. Sesuai dengan rancangan penelitian
c. Teratur mengikuti kerangka karya ilmiah
d. Mengikuti pendapat guru mata pelajaran
e. Mengacu kebiasaan yang berlaku permanen
10. Dalam diskusi untuk mengkomunikasikan hasil penelitian, tugas moderator antara lain.....
a. Mengatur jalannya diskusi
b. Menyampaikan hasil penelitian
c. Mencatat pertanyaan dan penanya
d. Menjawab pertanyaan
e. Membahas hasil penelitian
11. Keseluruhan obyek yang menjadi pusat perhatian penelitian disebut ……….
a. Sasaran
b. Sampel
c. Variabel
d. Obyek
e. populasi
12. Anggota populasi bersifat homogen dan setiap unsur populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih adalah ciri utama dari teknik pengambilan sampel yang disebut....
a. Purposive sampling
b. Accidental sampling
c. Random sampling
d. Snowbal sampling
e. Systematik sampling.
13. Bagian isi dari laporan penelitian terdiri dari beberapa bab meliputi...
a. Judul, pengesahan, kata pengantar, dan kesimpulan.
b. Judul, pendahuluan, tinjauan pustaka, dan hasil penelitian.
c. Pengantar,pendahuluan, tinjauan pustaka, dan hasil penelitian.
d. Pengantar, tinjauan pustaka, hasil penelitian dan kesimpulan.
e. Pendahuluan, tinjauan pustaka, hasil penelitian, dan kesimpulan.
14. Manfaat diadakannya diskusi kelas dalam penyajian laporan hasil penelitian adalah....
a. Melatih keberanian siswa dalam berpendapat.
b. Melatih keberanian siswa untuk mempertahankan pendapat.
c. Melatih siswa berfikir kritis, kreatif, dan inovatif.
d. Mempraktikkan pengetahuan yang diperoleh
e. Memperoleh rasa percaya diri siswa.
15. Tujuan editing dalam pengolahan dat hasil penelitian adalah….
a. Merumuskan penelitian
b. Membantu mencari topic masalah
c. Memperbaiki kualitas data
d. Membuat table
e. Mengkode data
16. Alat pengumpul data berupa serentetan pertanyaan atau latihan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan, inteligensi, dan kemampuan atau bakat yang dimiliki individu atau kelompok dinamakan.
.a. Kuesioner
b. Wawancara
c. Tes
d. Observasi
e. Dokumentasi
17. Laporan penelitian harus menggunakan bahasa yang komuniktif agar pembaca.....
a. Ingin selalu membaca hasil penelitian
b. Mengerti dan memahami hasil penelitian.
c. Memahami bahwa sulitnya mengadakan penelitian
d. Mengerti jumlah biaya yang dikeluarkan.
e. Memperoleh gambaran tentang cara mengolah data
18. Perhatikan pernyataan-pernytaan berikut.
i. Dapat memisahkan pendapat pribadi dari kenyataan
ii. Mendasarkan pikiran dan pendapatnya pada logika
iii. Mengemukakan bukti atau fakta yang dapat mendukung pernyataan.
iv. Menganalisis setiap persoalan yang dihadapi.
Perbedaan antara cara berfikir skeptis dan analitis ditunjukkan oleh pernyataan....
a. i dan ii
b. ii dan iii
c. iii dan iv
d. i dan iii
e. ii dan iv
19. Jika data usia tujuh peserta lomba lukis anak-anak adalah 5, 6, 7, 8, 9, 10, dan 11. Maka mediannya adalah …………
a. 5
b. 7
c. 8
d. 10
e. 11
20. Kesimpulan sementara yang diperoleh peneliti dianggap benar untuk sementara waktu disebut.....
a. Generalisasi
b. Persepsi
c. Preposisi
d. Hipotesis
e. Asumsi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar